Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(QS.Al-Ahzab:21)

Sabtu, 04 Januari 2014

makalah tentang akhlak tasawuf



MAKALAH
AKHLAK TASAWUF
“JAMA’AH TABLIK DI DESA TEMBORO KEC.KARAS KAB.MAGETAN”
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
AKHLAK TASAWUF
FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
JURUSAN PERBANDINGAN MADZHAB

Description: UIN SUKA.jpg

Disusun oleh:
NALLA FEZY BAZARGHAND
NIM: 13360021



UIN sunan kalijaga Yogyakarta jln.marsda adi sudjipto 55281





DAFTAR ISI
DAFTAR ISI                      : ........................................................................  i
BAB I PENDAHULUAN : ........................................................................  1
          Latar belakang         :.........................................................................
BAB II PEMBAHASAN   :.........................................................................



BAB I PENDAHULUAN
Di zaman yang serba modern ini banyak sekali bermunculan gerakan-gerakan islam yang mengatasnamakan golongan ahlussunah wal jamaah. Dan dari kebanyakan mereka memiliki ajaran-ajaran yang sifatnya membedakan dengan golongan yang lain walaupun semuanya mengakui sebagai ahlussunah wal jamaah.
Untuk itulah dalam makalah ini saya menjelaskan atas obserfasi saya salah satu dari golongan ahlussunah wal jamaah yaitu jamaah tabligh yang belakangan ini berkembang pesat keseluruh dunia islam. Lalu bagaimana lika-liku ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan kelompok ini akan saya paparkan dalam makalah ini.

A.RUMUSAN MASALAH
Untuk detail lagi hal-hal yang berkaitan dengan jamaah tabligh akan saya rumuskan sebagai berikut :
1. Latar belakan jamaah tabligh
a.      Pengertian jamaah tabligh
b.      Sejarah dan tokoh-tokoh jamaah tabligh
c.       Tujuan jamaah tabligh
2. Penyebaran jamaah tabligh
a.      Jamaah di Indonesia
b.      Jamaah tabligh di Temboro Kec.Karas Kab.Magetan
3. Sistem kerja jamaah tabligh
a.      Aktifitas jamaah tabligh


BAB II
PEMBAHASAN
1.      Latar belakang jamaah tabligh
a.      Pengertian jamaah tabligh
Secara bahasa jamaah tabligh bersal dari bahas arab. Kata jamaah artinya kumpulan, sedangkan tabligh artinya menyampaikan.
Secara istilah jamaah tabligh adalah gerakan yang terdiri dari sekumpulan orang islam dengan tujuan mengajak seluruh orang islam agar melakukan ibadah secara sempurna sesuai Al-Qur’an dan As-Sunah.
b.      Sejarah dan tokoh-tokoh jamaah tabligh.
jamaah tabligh didirikan oleh syekh Muhammad Ilyas Al-Kandahlawi
(1303 – 1363 H) pada tahun 1920-an. Beliau adalah seorang sufi dari tarekat Jisytiyyah yang beraqidah Maturidiyyah dan bemazdhab Hanafiah.
Al-Kandahlawi merupakan nisbat Kandahlahsebuah desa di India.
Pembentukan jamaah tbligh ini berawal saat belia melihat banyak orang-orang mewat (suku di India) dalam beribadah mereka telah tercampur dengan ajaran agama Hindu untuk itu Beliau punya inisiatif untuk meng-Islamkan orang-orang Islam agar melaksanakan agama secara sempurna dan benar kemudian atas arahan dan perinyah syehkny Beliau mendirikan jamaah tabligh ilham ini muncul setelah Beliau beribadah haji pada tahun 1926.
Setelah Beliau wafat kepemimpinan diteruskan oleh anaknya yaitu syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi (1917-1965 M) selanjutnya kepemimpinan cucu pertama Beliau yaitu syekh Muhammad Harun sedangkan setelahnya kepemimpinan diterusakan oleh Imam Hasan.

c.       Tujuan jamaah tabligh
Sebagaimana arti dari kata tabligh sendiri yaitu menyampaikan, maka gerakan ini bertujuan untuk menyampaikan kepada setiap orang islam yang ditemui diseluruh penjuru dunia agar menjalakan ajaran Islam secara sempurna sesuai denga
Al-Qur’an dan As-Sunnah.

2.      Penyebaran jamaah tabligh
jamaah tabligh pertama kali muncul di India kemudian tersebar di Pakistan, Bangladesh lalu Negara-negar Arab dan selanjutnya keseluruh dunia Islam. Markas utamanya berada di Nizamuddin, New Delhi, India sedangkan di Pakistan berada di Raiwin dan di Bangladesh di Tungi
pengikut jamaah tabligh mengalami perkembangan pesat. Terbukti pada akhir abad 20 dalam pertemuan di Reiwin, Pakistan. Dihadiri jutaan orang yang menjadi pertemuan besar umat muslim di dunia setelah haji di Mekkah. Selain itu acara tahunan internasional di Indonesia dihadiri 50ribu orang meraka berasal dari Yaman, Australia, Malaysia, Singapura, Tahiland, yang menghadirkan Masyayikh pusat dari tiga markas pusat yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh.

a.      jamaah tabligh di Indonesia
pusat jamaah tabligh di Indonesia terletak di masjid Kebon Jeruk jalan Hayamwuruk di Jakarta. Disinilah tempat berkumpulnya anggota jamaah tabligh yang bersal dari pelosok tanah air maupun dari luar Indnesia. Pemimpin jamaah tablighnya berkedudukan sebagi penanggungjawab atau yang lebih dikenal ahli syuro’ yang bertugas menyeleksi anggota yang bersedia huruj daerah tujuan dan biasanya menjadi ketua musyawarohnya berasal dari penanggungjawab terpilih pada setiap malam jumatnya. Adapun penanggungjawab pusatnya adalah H.Ahmad Zulfaqor, H.Cecep Firdaus, Mohammad Muslihuddin, Dr.A.A.Noor, Syamsuddin Abdulloh, Ir.A.Aminuddin Noor dan Muhammad Sani Ilyas. Selainitu organisasi memiliki dua pondok sentral di Indonesia yang memiliki banyak cabang di wilayah tanah air yaitu :
1.      Pondok Pesantren Al-Fatah didesa Temboro, Kares, Magetan Jawa Timur. Dengan jumlah santri kurang lebih sebelas ribu orang.
2.      Pondok Pesantren Sirojul Muklisin di daerah Krincing, Secang, Magelang Jawa Tengah.
Kegiatan pertemuan (Ijtima’) tahunan anggota jamaah tabligh yang sudah dilaksanakan di Indonesia diantarnya adalah tahun 2007 di Ancol, tahun 2008 dan 2009 di perumahan BSD, Tanggerang. Dan tahun 2011 dibekas parker mobil Timor, Karawang yang mana lahan tersebut pemberian Tommy Suharto sebagi
bentuk simpatinya terhadap jamaah tabligh.

b.      jamaah tabligh di Temboro, Kares, Magetan, Jawa Timur
jamaah tabligh di Temboro, Kares, Magetan, Jawa Timur  memiliki markas di Trangkil, Pon-Pes Al-Fatah Temboro, Kares, Magetan,
Jawa Timur memiliki penanggung jawab yaitu : KH. Uzairon Toifur Abdillah, KH. Umar Fatahillah, KH. Ubaidillah Al-Ahror dan masih banyak yang lainnya.
Masuknya jamaah tabligh di desa Temboro ini berawal dari datangnya seorang tamu India yang bernama Mustaqim yang merupakan salah satu aktifis jamaah tabligh pada tahun 1990-an, dalam bertamunya Mustaqim ini Ia mengenalkan jamaah tabligh kepada KH. Mahmud Kholid Umar yang pada waktu itu pengasuh Pondok pesantren tersebut. Dalam perbincanganny Mustaqim mengajak KH.Mahmud untuk melihat perkembangan jamaah tabligh di India, sepulangnya dari India KH.Mahmud menerapkan jamaah tabligh kepada santri-santrinya karena melihat begitu berpengaruhnya jamaah tabligh terhadap perkembangan islam yang terjadi di India.
Sesuatu yang baru itu sering kali membuat kontriversi. Dan begitulah yang terjadi akibat kebijakan itu Pon-Pes Al-Fatahpun telah dianggap menyimpang dari ajaran ahlussunah wal jamaah akibatnya banyak menarik anaknya. Bahkan saat itu jumlah santri Al-Fatah nyaris habis. Namun seiring berjalannya waktu jamaah tabligh inipun dapat diterima mayarakat sekitar. Hingga kini jamaah tabligh di
Al-Fatah menjadi pusat jamaah tabligh terbesar di Indonesia.


4.      Sistem kerja jamaah tabligh
a.      Aktifitas jamaah tabligh
Aktifitas jamaah tabligh yaitu khuruj fi sabilillah atau bisa disebut keluar dijalan allah maksudnya meluangkan waktu harta dan jiwa untuk agama dengan waktu yang sudah dimusyawarohkan yaitu tiga hari dalam sebulan, empatpuluh hari dalam satu bulan dan empat bulan dalam seumur hidup, namun hakikatnya tidak ada batasan waktu karena dakwah adalah kewajiban seumur hidup dan waktu-waktu tersebut dimaksudkan supaya ada ke-istiqomahan dalam berdakwah ketika kita disibukan dengan urusan dunia. Untuk aktifitas khuruj sendiri para jamaah mengamalkan amalan-amalan yang sudah ditentukan yaitu dari terbitnya matahari sampai waktu dhuhur membaca kitab fadhila amal yang mereka biasa menyebutnya ta’lim, setelah waktu ashar para jamaah berkeliling mendatangi rumah-rumah warga dari satu rumah ke rumah yang lain guna mengajak warga untuk mendengarkan bayan atau ceramah yang sedang dilakukan di masjid. Dan seusai sholat magrib ada bayan kembali yang didengarkan oleh jamaah sholat magrib tersebut. Seusai bayan para jamaah membuat pembicaraan-pembicaraan kecil terkait amar ma’ruf dengan para jamaah masjid sampai waktu sholat isya’ berkumandang. Dalam khuruj ini hal yang terpenting ialah qiyamulail dan berdo’a kepada allah karena yang dapat merubah hati manusia hanya sang Khaliq. Disela-sela kegiatan para jamaah mereka lebih mendekatkan diri kepada allah dengan dzikir-dzikir, tadarus Al-Qur’an dan I’tikaf di masjid.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar