BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai
dengan pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi
penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran
yang modern. Pada dasarnya ciri modern disini sebelumnya pernah dicapai dalam
perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran tetapi hal itu masih dalam taraf
software intellegence. Hal tersebut berkembang sejak para tokoh teori belajar
seperti Ivan Pavlop, B.F. Skinner, Ausubel, Robert Gagne, Benjamin S. Bloommenemukan
pola – pola berpikir dan pengkondisian belajar manusia. Meskipun demikian,
sensitifitas yang dimiliki manusia tidak selamanya menetap, dan lahirlah konsep
– konsep pembelajaran yang mencoba menggabungkan produk software intellegence
tersebut dalam komponen hardware intellegence-nya yang berkembang setelah Robert
Heinich, Leslie, J. Briggs dan Rita Racheymengembangkan konsep teknologi
pembelajaran, yang walaupun pada dasarnya konsep teknologi pendidikan ini masih
tertuju pada upaya melahirkan prosedur – prosedur pemecahan masalah belajar
manusia, salah satu pemecahan tersebut dewasa ini diantaranya telah ditemukan,
yaitu inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi,
diantaranya yaitu animation learning, games learning, tutorial computer based
learning.
Seiring dengan temuan dan perkembangan software dan hardware dalam
upaya mewujudkan konsep pembelajaran modern, maka diera tahun 1997 sampai
sekarang ini kelompok software intellegence berhasil menemukan pola – pola
berpikir dan pemberdayaan kemampuan otak manusia yang mampu mengimbangi
kecepatan kerja produk hardware intellegence, mereka iinilah yang memunculkan
konsep – konsep belajar quantum, accelerated learning, integrated learning.
Dari uraian diatas, maka konsep – konsep pembelajaran modern diharapkan mampu menggabungkan
produk dari kelompok – kelompok software intellegence dan hardware intellegence
dalam dunia pembelajaran.
Program CBI merupakan program
pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. Sistem –
sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada siswa
melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam
sistem, inilah yang disebut pengajaran dengan bantuan komputer.
Secara biologi komunikasi proses
interaksi yang terjadi bersifat transaksional atau lebih cenderung mekanistik.
Jadi, antara indra visual, dengan indra pengingat (sel – sel dalam neuron dan
dndrit pada jaringan otak) menurut memori si pembelajar menyamakan atau
mencocokan pesan yang dilihat dengan pemahamannya secara linear.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah yang dimaksud dengan Metode
Tutorial?
2.
Bagaimanakah gambar diagram alur
(Flow Chart) metode tutorial?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui metode tutorial.
2.
Mengetahui diagram alur ( Flow
Chart) dari metode tutorial.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Metode Tutorial
Program
CBI tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program computer yang
berisi materi pelajaran. Metode tutorial dalam CAI pola dasarnya mengikuti
pengajaran berprogram tipe branching di mana informasi matapelajaran disajikan
dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan. Respon siswa dianalisis
oleh computer (diperbandingkan dengan jawaban yang diintegrasikan oleh penulis
program) dan umpan baliknya yang benar diberikan. (Nana Sudjana & Ahmad
Rivai:139). Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara
langsung dalam kegiatan pembelajaran.
Tutorial/tuw’towrieal,
tyuw-/ kb. Guru pribadi, --kkt. Mengajar di rumah, mengajar ekstra, memberi
les, pengajaran tambahan, pengajaran pribadi (kamus Inggris Indonesia).
Setidaknya itulah pengertian yang coba dipahami masyarakat umum (bukan dari
lingkungan pendidikan) mengenai tutorial. Tutorial secara definisi, adalah
pembelajaran khusus dengan instruktur yang terkualifikasi, penggunaan mikro
computer untuk tutorial secara khusus telah mencukupi. Tutorial dengan metode
alternative di antaranya bacaan, demonstrasi, penentuan bacaan atau pengalaman
yang membutuhkan respons secara oral dan tulisan serta adanya ujian.
Sebagaimana
telah kita ketahui bersama bahwa pembelajaran tutorial bertujuan untuk
memberikan “kepuasan”/pemahaman secara tuntas (mastery) kepada siswa mengenai
materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajarinya. Terdapat beberapa hal
yang menjadi identitas dari tutorial, yaitu:
a.
Pengenalan
b.
Penyajian informasi
c.
Pertanyaan dan respons
d.
Penilaian respons
e.
Pemberian feedback tentang respons
f.
Pembetulan
g.
Pengaturan pengajaran
h.
Penutup
Computer sebagai tutor berorientasi pada upaya dalam
membangun perilaku siswa melalui penggunaan computer. Secara sederhana,
pola-pola pengoperasiannya sebagai berikut:
a)
Computer menyajikan materi
b)
Siswa memberikan respons
c)
Respons siswa dievaluasi oleh
computer dengan orientasi siswa pada arah siswa dalam menempuh presentasi
berikutnya
d)
Melanjutkan atau mengulangi
tahapan sebelumnya.
Program CBI Tutorial merupakan program pembelajaran yang
digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program
computer yang berisi materi pelajaran. Salah satu modelnya adalah CAI (Computer
Assisted Instruction), hal tersebut searah dengan apa yang dikemukakan
“Computer system can delivery instruction by allowing them to interact with the
lesson programmed into the system; this is refered to C-AI” (Robert Heinich,
Michael Molenda, James D. Russel. 1985:226). System-sistem computer dapat
menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada para siswa melalui cara
berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistam, inilah
yang disebut pengajaran dengan bantuan computer.
Tutorial dalam program pembelajaran dengan bantuan
computer ditujukan sebagai pengganti manusia yang proses pembelajarannya
diberikan lewat teks atau grafik pada layar yang menyediakan poin-poin
pertanyaan atau permasalahan, jika respons siswa benar, computer akan bergerak
pada pembelajaran berikutnya, jika respons siswa salah computer akan mengulangi
pembelajaran sebelumnya atau bergerak pada salah satu bagian tertentu pembelajaran
ulang bergantung pada kesalahan yang dibuat. Adapun tahapan pembelajaran dengan
bantuan computer model tutorial adalah:
a.
Introduction (pengenalan)
b.
Presentation of information
(penyajian informasi)
c.
Question of responses (pertanyaan
dan respons-respons)
d.
Judging of responses (penilaian
respons)
e.
Providing feedback about responses
(pemberian balikan respons)
f.
Remediation (pengulangan)
g.
Sequencing lesson segmen (segmen
pengaturan pelajaran)
Tutorial ini menuntut perilaku biologi komunikasi lebih
kompleks, karena memori harus tetap mengingat informasi
yang benar dari hasil kiriman pesan yang dibaca oleh indra visual dan
diantarkan kepada sel otak untuk memikirkannya kemudian dipahami dan
menyimpannya di memori, selanjutnya ia akan direspons oleh stimulus dari pertanyaan
yang muncul, maka kemudian ia akan mengeluarkan pesan dari memori tersebut
untuk merespons stimulus dalam bentuk pertanyaan tersebut. Proses ini bersifat
siklus, bisa berlangsung lama atau sebentar, bergantung pada tingkan kecerdasan
seseorang yang didukung oleh kelancaran transformasi pesan secara biologis.
B.
Flow Chart Program Tutorial
Adapun
tahapan pembelajaran dengan bantuan komputer model tutorial adalah sebagai
berikut.
a.
Direction (pengenalan/ petunjuk).
b.
Presentation of information
(penyajian informasi materi).
c.
Question of responses (pertanyaan
dan respon – respon).
d.
Judging of responses (penilaian
respon).
e.
Providing feedback about responses
(pemberiian tanggapan terhadap respon).
f.
Remediation (pengulangan).
g.
Sequencing lesson segmen (segmen
pengaturan pembelajaran).
h.
Introduction (pendahuluan).
i.
Closing (penutupan).
Bagan
alir atau flow chart untuk program tutorial ini ada yang bersifat umum artinya
tidak bergantung bahasa pemrograman dan ada yang bersifat khusus jika
disesuaikan dengan sistem pemrograman yang dikuasai oleh programer. Dengan
demikian, dalam hal ini terdapat dua macam proses terstruktur dasar dalam
desain flow charts program tutorial ini, yaitu:
a.
Pemilihan Berkondisi adalah
pemilihan langkah berikutnya ditentukan atas suatu kondisi, jika kondisi
terpenuhi, maka proses berlanjut, jika tidak proses menempuh alternatif lain,
diungkap melalui pernyataan JIKA-MAKA atau JIKA-MAKA-LAINNYA, baik untuk
aplikasi Adobe Flash, Swiss, maupun Director.
Contoh:
Flow chart segmen proses
pemilihan
b.
Proses pengulangan berlangsung
atas jumlah pengulangan yang ditetapkan saat ditulis, atau ditetapkan kemudian
saat program dijalankan, diungkapkan melalui pernyataan PENGULANGAN – SAMPAI –
10 KALI – KERJAKAN
Contoh:
Flow chart segmen pengulangan
Perlu diingat bahwa bentuk – bentuk yang
digunakan dalam pembuatan Flow Chart mempunyai arti khusus, apakah
menggambarkan proses input – output, menggambarkan proses pengolahan informasi,
atau langkah pengambilan keputusan. Secara umum dalam suatu proses produksi
model tutorial akan mengikuti alur flowchart sebagai berikut.
Flow Chart Computer Assisted
Instruction Tutorial Mode
Berikut ini adalah model flow chart yang
sudah disesuaikan dengan kebutuhan informasi pembelajaran yang akan disajikan
untuk sebuah topik pembelajaran dengan model tutotial.
Flow Chart Computer Assisted Instruction
Tutorial Mode
No Yes
No
Yes
No
And
Soon
BAB III KESIMPULAN
Program
CBI tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program computer yang
berisi materi pelajaran. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa pembelajaran
tutorial bertujuan untuk memberikan “kepuasan”/pemahaman secara tuntas
(mastery) kepada siswa mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang
dipelajarinya.
Flow
chart program tutorial ada yang umum dan ada yang khusus. Ada dua proses terstruktur
dasar dalam desain flow chart yaitu pemilihan berkondisi dan proses
pengulangan.
DAFTAR PUSTAKA
Setiawan, A. (2007).
Dasar-dasar Multimedia Interaktif (MMI). Bandung: SPs UPI Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar