Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(QS.Al-Ahzab:21)

Selasa, 20 Mei 2014

metode Tutorial



BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern. Pada dasarnya ciri modern disini sebelumnya pernah dicapai dalam perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran tetapi hal itu masih dalam taraf software intellegence. Hal tersebut berkembang sejak para tokoh teori belajar seperti Ivan Pavlop, B.F. Skinner, Ausubel, Robert Gagne, Benjamin S. Bloommenemukan pola – pola berpikir dan pengkondisian belajar manusia. Meskipun demikian, sensitifitas yang dimiliki manusia tidak selamanya menetap, dan lahirlah konsep – konsep pembelajaran yang mencoba menggabungkan produk software intellegence tersebut dalam komponen hardware intellegence-nya yang berkembang setelah Robert Heinich, Leslie, J. Briggs dan Rita Racheymengembangkan konsep teknologi pembelajaran, yang walaupun pada dasarnya konsep teknologi pendidikan ini masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur – prosedur pemecahan masalah belajar manusia, salah satu pemecahan tersebut dewasa ini diantaranya telah ditemukan, yaitu inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi, diantaranya yaitu animation learning, games learning, tutorial computer based learning.
Seiring dengan temuan dan perkembangan software dan hardware dalam upaya mewujudkan konsep pembelajaran modern, maka diera tahun 1997 sampai sekarang ini kelompok software intellegence berhasil menemukan pola – pola berpikir dan pemberdayaan kemampuan otak manusia yang mampu mengimbangi kecepatan kerja produk hardware intellegence, mereka iinilah yang memunculkan konsep – konsep belajar quantum, accelerated learning, integrated learning. Dari uraian diatas, maka konsep – konsep pembelajaran modern diharapkan mampu menggabungkan produk dari kelompok – kelompok software intellegence dan hardware intellegence dalam dunia pembelajaran.
                Program CBI merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. Sistem – sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada siswa melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem, inilah yang disebut pengajaran dengan bantuan komputer.
                Secara biologi komunikasi proses interaksi yang terjadi bersifat transaksional atau lebih cenderung mekanistik. Jadi, antara indra visual, dengan indra pengingat (sel – sel dalam neuron dan dndrit pada jaringan otak) menurut memori si pembelajar menyamakan atau mencocokan pesan yang dilihat dengan pemahamannya secara linear.

B.      Rumusan Masalah
1.       Apakah yang dimaksud dengan Metode Tutorial?
2.       Bagaimanakah gambar diagram alur (Flow Chart) metode tutorial?

C.      Tujuan
1.       Mengetahui metode tutorial.
2.       Mengetahui diagram alur ( Flow Chart) dari metode tutorial.

BAB II PEMBAHASAN
A.      Metode Tutorial
Program CBI tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program computer yang berisi materi pelajaran. Metode tutorial dalam CAI pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogram tipe branching di mana informasi matapelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan. Respon siswa dianalisis oleh computer (diperbandingkan dengan jawaban yang diintegrasikan oleh penulis program) dan umpan baliknya yang benar diberikan. (Nana Sudjana & Ahmad Rivai:139). Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan  ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
Tutorial/tuw’towrieal, tyuw-/ kb. Guru pribadi, --kkt. Mengajar di rumah, mengajar ekstra, memberi les, pengajaran tambahan, pengajaran pribadi (kamus Inggris Indonesia). Setidaknya itulah pengertian yang coba dipahami masyarakat umum (bukan dari lingkungan pendidikan) mengenai tutorial. Tutorial secara definisi, adalah pembelajaran khusus dengan instruktur yang terkualifikasi, penggunaan mikro computer untuk tutorial secara khusus telah mencukupi. Tutorial dengan metode alternative di antaranya bacaan, demonstrasi, penentuan bacaan atau pengalaman yang membutuhkan respons secara oral dan tulisan serta adanya ujian.
Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa pembelajaran tutorial bertujuan untuk memberikan “kepuasan”/pemahaman secara tuntas (mastery) kepada siswa mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajarinya. Terdapat beberapa hal yang menjadi identitas dari tutorial, yaitu:
a.       Pengenalan
b.      Penyajian informasi
c.       Pertanyaan dan respons
d.      Penilaian respons
e.      Pemberian feedback tentang respons
f.        Pembetulan
g.       Pengaturan pengajaran
h.      Penutup
Computer sebagai tutor berorientasi pada upaya dalam membangun perilaku siswa melalui penggunaan computer. Secara sederhana, pola-pola pengoperasiannya sebagai berikut:
a)      Computer menyajikan materi
b)      Siswa memberikan respons
c)       Respons siswa dievaluasi oleh computer dengan orientasi siswa pada arah siswa dalam menempuh presentasi berikutnya
d)      Melanjutkan atau mengulangi tahapan sebelumnya.
Program CBI Tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program computer yang berisi materi pelajaran. Salah satu modelnya adalah CAI (Computer Assisted Instruction), hal tersebut searah dengan apa yang dikemukakan “Computer system can delivery instruction by allowing them to interact with the lesson programmed into the system; this is refered to C-AI” (Robert Heinich, Michael Molenda, James D. Russel. 1985:226). System-sistem computer dapat menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada para siswa melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistam, inilah yang disebut pengajaran dengan bantuan computer.
Tutorial dalam program pembelajaran dengan bantuan computer ditujukan sebagai pengganti manusia yang proses pembelajarannya diberikan lewat teks atau grafik pada layar yang menyediakan poin-poin pertanyaan atau permasalahan, jika respons siswa benar, computer akan bergerak pada pembelajaran berikutnya, jika respons siswa salah computer akan mengulangi pembelajaran sebelumnya atau bergerak pada salah satu bagian tertentu pembelajaran ulang bergantung pada kesalahan yang dibuat. Adapun tahapan pembelajaran dengan bantuan computer model tutorial adalah:
a.         Introduction (pengenalan)
b.        Presentation of information (penyajian informasi)
c.         Question of responses (pertanyaan dan respons-respons)
d.        Judging of responses (penilaian respons)
e.        Providing feedback about responses (pemberian balikan respons)
f.          Remediation (pengulangan)
g.         Sequencing lesson segmen (segmen pengaturan pelajaran)
Tutorial ini menuntut perilaku biologi komunikasi lebih kompleks, karena memori harus tetap mengingat informasi yang benar dari hasil kiriman pesan yang dibaca oleh indra visual dan diantarkan kepada sel otak untuk memikirkannya kemudian dipahami dan menyimpannya di memori, selanjutnya ia akan direspons oleh stimulus dari pertanyaan yang muncul, maka kemudian ia akan mengeluarkan pesan dari memori tersebut untuk merespons stimulus dalam bentuk pertanyaan tersebut. Proses ini bersifat siklus, bisa berlangsung lama atau sebentar, bergantung pada tingkan kecerdasan seseorang yang didukung oleh kelancaran transformasi pesan secara biologis.
B.      Flow Chart Program Tutorial
Adapun tahapan pembelajaran dengan bantuan komputer model tutorial adalah sebagai berikut.
a.       Direction (pengenalan/ petunjuk).
b.      Presentation of information (penyajian informasi materi).
c.       Question of responses (pertanyaan dan respon – respon).
d.      Judging of responses (penilaian respon).
e.      Providing feedback about responses (pemberiian tanggapan terhadap respon).
f.        Remediation (pengulangan).
g.       Sequencing lesson segmen (segmen pengaturan pembelajaran).
h.      Introduction (pendahuluan).
i.         Closing (penutupan).
Bagan alir atau flow chart untuk program tutorial ini ada yang bersifat umum artinya tidak bergantung bahasa pemrograman dan ada yang bersifat khusus jika disesuaikan dengan sistem pemrograman yang dikuasai oleh programer. Dengan demikian, dalam hal ini terdapat dua macam proses terstruktur dasar dalam desain flow charts program tutorial ini, yaitu:
a.       Pemilihan Berkondisi adalah pemilihan langkah berikutnya ditentukan atas suatu kondisi, jika kondisi terpenuhi, maka proses berlanjut, jika tidak proses menempuh alternatif lain, diungkap melalui pernyataan JIKA-MAKA atau JIKA-MAKA-LAINNYA, baik untuk aplikasi Adobe Flash, Swiss, maupun Director.
Contoh:













 


                                                                                                                                                                                  
Flow chart segmen proses pemilihan
b.      Proses pengulangan berlangsung atas jumlah pengulangan yang ditetapkan saat ditulis, atau ditetapkan kemudian saat program dijalankan, diungkapkan melalui pernyataan PENGULANGAN – SAMPAI – 10 KALI – KERJAKAN
Contoh:


 


                                                                                                                                              

Flow chart segmen pengulangan
Perlu diingat bahwa bentuk – bentuk yang digunakan dalam pembuatan Flow Chart mempunyai arti khusus, apakah menggambarkan proses input – output, menggambarkan proses pengolahan informasi, atau langkah pengambilan keputusan. Secara umum dalam suatu proses produksi model tutorial akan mengikuti alur flowchart sebagai berikut.
Flow Chart Computer Assisted Instruction Tutorial Mode










Text Box: Question & Response

Text Box: Introduction Section






Text Box: Closing

 









Berikut ini adalah model flow chart yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan informasi pembelajaran yang akan disajikan untuk sebuah topik pembelajaran dengan model tutotial.


Flow Chart Computer Assisted Instruction Tutorial Mode


 






                                         No                                                                       Yes
                                                                                                                       






                                   No

                                                                                                                      Yes




                                                                                                                   No

                                                                            And Soon
BAB III KESIMPULAN
                Program CBI tutorial merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program computer yang berisi materi pelajaran. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa pembelajaran tutorial bertujuan untuk memberikan “kepuasan”/pemahaman secara tuntas (mastery) kepada siswa mengenai materi atau bahan pelajaran yang sedang dipelajarinya.
                Flow chart program tutorial ada yang umum dan ada yang khusus. Ada dua proses terstruktur dasar dalam desain flow chart yaitu pemilihan berkondisi dan proses pengulangan.





















DAFTAR PUSTAKA
Setiawan, A. (2007). Dasar-dasar Multimedia Interaktif (MMI). Bandung: SPs UPI Bandung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar